Hari ini penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen diperkirakan masih setara dengan hari-hari sebelumnya, yaitu antara 9.000 sampai dengan 10.000
Jakarta (ANTARA News) - Aktivitas arus balik di Stasiun Pasar Senen pada Selasa atau H+4 setelah hari raya Idul Fitri 1434 belum menunjukkan tanda-tanda penurunan dengan penumpang tujuan akhir di pemberhentian kereta tersebut diperkirakan mencapai 10.000 sampai tengah malam.

"Hari ini penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen diperkirakan masih setara dengan hari-hari sebelumnya, yaitu antara 9.000 sampai dengan 10.000," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional I Sukendar Mulya di Jakarta, Selasa.

Secara keseluruhan, penumpang dengan tujuan akhir Stasiun Senen masih sama dengan hari sebelumnya yaitu sekitar 18.000 orang. Namun sebagian dari mereka turun di pemberhentian sebelumnya seperti Stasiun Jatinegara dan Stasiun Bekasi.

Arus balik sudah terjadi sejak hari kedua Lebaran, Sabtu, dengan jumlah penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen sekitar 8.500 orang. Aktivitas arus balik semakin meningkat sejak saat itu dan mencapai puncaknya pada hari Senin dengan jumlah sekitar 12.000 orang.

Secara keseluruhan, Sukendar memperkirakan bahwa jumlah penumpang jurusan akhir Stasiun Senen dan Stasiun Gambir berjumlah 34.000 orang setiap harinya sejak Minggu. Arus balik tersebut diperkirakan akan berangsung turun sampai hari Jumat dan kembali melonjak pada Sabtu dan Minggu depan.

"Para pekerja di Jakarta mungkin mengambil tambahan cuti sebanyak lima hari sehingga mereka kembali ke ibu kota pada Sabtu dan Minggu depan," kata Sukendar.

Pewarta: GM Nur Lintang
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013