Diperkirakan akan terus menurun
Jakarta (ANTARA News) - Jumlah penumpang arus balik tujuan akhir Stasiun Gambir Jakarta, pada Rabu, atau H+5 setelah Lebaran terus menurun.

Berdasarkan data dari Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 1 Jakarta menyebutkan jumlah penumpang yang datang sebanyak 3.551 orang. Sedangkan jumlah keberangkatan sebanyak 1.802 orang.

"Diperkirakan akan terus menurun," ujar Humas PT KAI Daops 1 Sukendar Mulya di Jakarta, Rabu.

Jumlah penumpang yang datang melalui Stasiun Gambir pada Selasa (13/8) mencapai 12.362 penumpang. Kemudian pada Senin (12/8) sebanyak 11.707 penumpang, dan Minggu (11/8) sebanyak 12.898 penumpang.

"Puncak arus balik penumpang sudah terlewati," tambah dia.

Stasiun Gambir mengoperasikan 26 rangkaian kereta api reguler dan delapan kereta api tambahan selama libur Lebaran 2013, yang berasal dari sejumlah daerah di Pulau Jawa seperti Cilacap, Yogyakarta, Solo, Jombang, Surabaya, Bandung, Cirebon, Malang, Tegal dan Semarang.

Sebagian besar kereta yang dioperasikan adalah kereta api kelas eksekutif dan hanya 20 persen kereta api kelas bisnis.

Seorang penumpang yang ditemui di Stasiun Gambir, Yenny Marlinda, mengatakan dirinya dan keluarganya sengaja memilih kembali ke Jakarta pada hari ini karena besok sudah mulai masuk kerja. "Saya masuk kerja mulai Kamis (15/8). Begitu juga anak-anak masuk sekolah mulai besok," jelas Yenny.

Pengamanan di Stasiun Gambir juga terlihat masih ketat. Sejumlah aparat keamanan terlihat berpatroli di dalam stasiun.

Pewarta: Indriani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013