Jakarta (ANTARA News) - Moda transportasi kereta api mengangkut sepeda motor pemudik lebih banyak pada arus balik dibandingkan dengan jumlah sepeda motor yang diangkut pada arus mudik lebaran 2013.

"Program Pengangkutan Sepeda Motor Gratis dengan menggunakan kereta api pada arus balik mengalami peningkatan dibandingkan arus mudik lebaran tahun ini," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Bambang memaparkan, pada program pengangkutan arus balik periode 11-14 Agustus 2013, pihak KA telah mengangkut 413 motor dari stasiun keberangkatan Cirebon-Kejaksan, Tegal, Semarang-Poncol, Kutoarjo, Lempuyangan dan Solo-Jebres menuju stasiun akhir Jakarta-Gudang.

Dari stasiun Cirebon-Kejaksan, ujar dia, telah diberangkatkan sebanyak 22 motor, dari Tegal sebanyak 61 motor, Semarang-Poncol 60 motor, Kutoarjo 142 motor, Lempuyangan 66 motor dan diberangkatkan dari stasiun Solo-Jebres sebanyak 62 motor.

Pada arus mudik, dari Stasiun Jakarta-Gudang telah diangkut sebanyak 196 motor menuju stasiun Cirebon-Kejaksan, Tegal, Semarang-Poncol, Kutoarjo, Lempuyangan dan Solo-Jebres. "Dengan demikian, jumlah pengangkutan motor gratis dengan menggunakan kereta api pada arus balik bertambah peminatnya dibandingkan saat arus mudik," katanya.

Ia juga mengatakan, penyelenggaraan angkutan motor gratis menggunakan kereta api dilaksanakan dalam rangka guna mengurangi tingkat kecelakaan sepeda motor saat mudik.

"Program ini pun didukung dengan kemudahan prosedur pendaftaran. Calon pemudik cukup menyerahkan fotokopi surat tanda nomor kendaraan (STNK) yang masih berlaku dan fotokopi identitas diri (KTP, SIM) yang masih berlaku," kata Bambang.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013