Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA News) - Arus balik penumpang dari Pelabuhan Bakauheni Lampung menuju Pelabuhan Merak Banten kembali padat pada Kamis atau tujuh hari setelah Lebaran 2013.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis, dari tujuh loket yang disediakan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, lima loket dipenuhi antrean pemudik pejalan kaki.

Antrean pemudik arus balik memang tidak sebanyak H+5 lalu, namun antrean pemudik pejalan kaki masih cukup tinggi.

"Antrean penumpang pada arus balik lebaran diperkirakan akan terus terjadi hingga Sabtu-Minggu ke depan," kata Yanus Lentanga, GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni.

Menurutnya, kepadatan pemudik masih akan terus terjadi hingga Minggu (18/8) karena Senin (19/8) seluruh pelajar sudah bersekolah seperti sebelumnya.

"Jumlah penumpang arus balik akan melebihi arus mudik karena banyak yang kembali ke Jawa dengan membawa saudaranya dan sudah menjadi tradisi setiap tahun," ujarnya pula.

Ia menyebutkan, sejak puncak arus balik terjadi selama dua hari terakhir penumpang pengalami penurunan baik dari pejalan kak, sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Kemudian, pemudik yang belum kembali saat ini diperkirakan akan kembali sampai tiga hari ke depan, Minggu (18/8) terutama para pemudik yang bekerja pada sektor informal di Jakarta.

Sementara itu, Rudi salah seorang pemudik asal Jakarta mengaku sengaja pulang hari ini karena menghindari kepadatan pemudik yang melalui pelabuhan Bakauheni.

"Saya sengaja pulang hari ini, karena Senin besok anak-anak sudah mulai masuk sekolah jadi sekarang sudah pas, sehingga bisa istirahat dahulu di rumah," ujarnya.

Ia juga menyeutkan, kebiasaan pemudik akan pulang saat hari terakhir liburan jadi pasti ramai apabila kembali ke rumah Sabtu besok.

Hal Senada dikatakan oleh pemudik lainnya, Marlena (39), mengaku pulang saat itu untuk dapat beristirahat dan bersilaturahmi dengan tetangga di sekitar rumahnya.

"Kalau pulang Minggu besok takut terlambat tiba di rumah karena saat itu pasti sangat ramai," ujar dia menyebutkan.

Berdasarkan data Posko Mudik Lebaran 2013 PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, masih ada sebanyak 179.420 orang pemudik belum berangkat ke Merak melalui pelabuhan tersebut.

Sedangkan kendaraan roda dua sebanyak 12.590 unit belum melalui pelabuhan serta 21.979 kendaraan roda empat masih berada di daerah masing dan masih dalam perjalanan menuju pelabuhan laut untuk kembali ke daerahnya.

(H009/B008)

Pewarta: Hisar Sitangggang
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013