Koba (ANTARA News) - DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung akan menyantuni sedikitnya 100 anak yatim dalam momentum bulan suci Ramadhan tahun ini.

"Rencananya uang santunan itu akan kami berikan saat berbuka puasa bersama tujuh hari akhir Ramadhan nanti," kata Ketua DPRD Bangka Tengah, Adet Mastur di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, kegiatan berbuka puasa bersama ratusan anak yatim sudah menjadi agenda rutin setiap tahun untuk meringankan beban kaum kurang mampu.

"Bantuan anak yatim itu sengaja kami berikan menjelang lebaran Idul Fitri agar mereka bisa membeli keperluan untuk menyongsong hari kemenangan itu," ujarnya.

Ia menegaskan, uang untuk berbuka puasa bersama dan santunan untuk anak yatim bukan dari APBD tetapi sumbangan para anggota DPRD.

"Perlu kami tegaskan bahwa kegiatan berbukan puasa bersama bukan menggunakan uang negara tetapi murni sumbangan anggota legislatif sebagai bentuk kebersamaan kami," ujarnya.

Hal itu dikemukakannya menjawab jika ada anggapan miring dari masyarakat bahwa anggota DPRD diduga menggunakan uang APBD untuk acara berbuka puasa bersama dan santunan terhadap anak yatim.

"Berbuka puasa bersama ini tidak termasuk ke dalam agenda wajib DPRD, ini inisiatif anggota DPRD sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama," ujarnya.

Ia mengatakan, acara berbuka puasa bersama digelar di ruang rapat paripurna DPRD Bangka Tengah dan tempat shalat tarawih memanfaatkan gedung lantai dua.

"Undangan nanti kami sampaikan dan perlu kami sampaikan bahwa gedung DPRD ini milik rakyat, jangan sampai warga merasa canggung memasuki gedung DPRD ini," ujarnya.

(KR-DSD/R014)

Pewarta: Donatus DP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014