Lebak (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Banten, akan mendirikan posko untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik Lebaran 2014.

"Kita mendirikan posko kesehatan itu secara gratis untuk pemudik Lebaran," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Heru Haerudin di Lebak, Jumat.

Ia mengatakan, posko kesehatan tersebut disebar di tempat keramaian, seperti stasiun, terminal, pasar, persimpngan jalan raya dan lokasi objek wisata pesisir pntai.

Selain itu juga posko pengendali dipusatkan di Kantor Dinas Kesehatan Lebak.

"Kami mendirikan posko sebanyak 11 lokasi untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang merayakan Idul Fitri 1435 Hijriah," ujarnya.

Menurut dia, seluruh posko tersebut dilengkapi obat-obatan, mobil ambulans dan peralatan tabung gas untuk memberikan pertolongan bagi pasien darurat.

Apabila ditemukan pasien darurat akibat penyakit akut maupun kecelakaan pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan rumah sakit rujukan.

Kedua rumah sakit rujukan itu antara lain RSUD Adjidarmo Rangkasbitung dan RS Misi.

Mereka petugas diberlakukan piket di posko kesehatan bergantian antara tujuh sampai 10 orang dan mereka terdiri dari dokter dan para medis.

"Kami berkomitmen mengutamakan pelayanan kesehatan bagi pemudik agar lekas sembuh dan bisa kembali ke kampung halamanya dengan sehat dan selamat," katanya,

Ia menyebutkan, pihaknya juga mendirikan posko kesehatan di lokasi wisata pantai.

Sebab lokasi wisata pantai pascalebaran dipadati pengunjung.

Biasanya, kata dia, kebanyakan pemudik yang terserang penyakit mengalami pusing-pusing, maag dan darah tinggi karena menempuh perjalanan jauh.

"Kami bertindak cepat untuk menangani pertolongan medis untuk menyelamatkan nyawa sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak Babay Imroni mengatakan pihaknya terbantu dengan adanya posko kesehatan itu sehingga pemudik yang terserang penyakit bisa teratasinya.

Posko kesehatan akan didirikan di Terminal Bus Mandala dan diharapkan pemudik dapat menggunakan posko tersebut.

"Kami berharap petugas posko kesehatan ini bekerja maksimal untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang membutuhkan pertolongan medis," katanya.

(KR-MSR/Z002)

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014