Dana ini tersebar di beberapa wilayah kerja BNI Manado yakni Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara
Manado (ANTARA News) - Head of Business Banking BNI Wilayah Manado Novianto Harry mengatakan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah Manado menyiapkan uang tunai Rp341 miliar menghadapi Lebaran tahun 2014.

"Dana ini tersebar di beberapa wilayah kerja BNI Manado yakni Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara," kata Novianto di Manado, Jumat.

Memang, katanya, khusus di Sulut saat jelang Lebaran peningkatan tidak signifikan, namun BNI tetap menyiapkan dana cukup untuk nasabah dan masyarakat.

BNI, katanya, lebih banyak menyiapkan uang tunai di daerah yang lebih banyak merayakan Idul Fitri seperti di Gorontalo, Sulteng dan sebagian Malut.

Selain uang tunai di kasir, BNI juga menyiagakan semua Automated Teller Machine (ATM) agar selalu terisi dengan baik dan disiapkan tim untuk memantau terus jika terjadi kekosongan pada mesin ATM.

MGR Business Management BNI Wilayah Manado Danar M Nugrahastrio mengatakan dari keseluruhan dana yang disiapkan tersebut ada sekitar 30-40 persen uang receh di bawah Rp20.000.

"Jadi masyarakat yang ingin menukarkan uang receh baru, seluruh kantor BNI sangat siap," jelas Danar.

Sementara itu, uang tunai yang disiapkan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut menjelang Ramadhan sebanyak Rp2,65 triliun. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 69,87 persen dari posisi yang sama tahun lalu hanya Rp1,56 triliun.

Peningkatan tersebut, menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Sulut, Luctor Tapiheru, sejalan dengan kegiatan ekonomi di Sulut yang terus meningkat.

"Kami memperkirakan akan ada peningkatan baik penarikan uang tunai maupun penukaran uang receh," katanya.

Dari stok uang tunai sebanyak Rp2,65 triliun, ada sekitar 40 persen dikhususkan untuk penukaran uang receh. "Sebanyak Rp1,04 triliun disiapkan untuk penukaran uang receh dari pecahan Rp20.000 ke bawah," katanya.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014