Sampit (ANTARA News) - Masyarakat Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menyemarakkan Ramadhan dengan menggelar lomba kreasi lampu hias atau tanglong.

Panitia penyelenggara, Ketua Karang Taruna Kotawaringin Timur, Abdul Hafid, Senin, mengatakan penyelenggara mengundang seluruh rukun tetangga di wilayah itu untuk mengikuti lomba yang pendaftarannya diperpanjang sampai 20 Juli.

Peserta bisa mendaftar ke panitia di Sekretariat Karang Taruna Kotawaringin Timur, Jalan Cut Nyak Dien. Para juri lomba akan menilai kreasi tanglong peserta tanpa sepengetahuan mereka.

Pemenang lomba akan mendapat piala Bupati dan uang pembinaan bernilai total Rp50 juta. Panitia juga menyiapkan hadiah hiburan bagi warga yang hiasan tanglong rumahnya paling indah.

Lomba kreasi tanglong itu digelar oleh Karang Taruna Kotawaringin Timur, Himpunan Mahasiswa Kotawaringin Timur dan Himpunan Mahasiswa Islam Sampit dengan dukungan dari pemerintah daerah setempat.

Warga setempat punya tradisi membuat tanglong untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan, khususnya pada malam sepuluh hari terakhir.

Tanglong yang dulu berupa lampu minyak dan obor, tapi kemudian dibuat dengan lampu listrik berselubung aneka bentuk kertas minyak warna-warni.


Pewarta: Norjani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014