Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan pihaknya lewat PT KAI telah mengambil dua rangkaian kereta api dari industri kereta plat merah PT INKA untuk melayani penumpang saat arus mudik-balik Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 Masehi.

"Kami sudah memesan lima rangkaian ke PT INKA tapi dua rangakaian kami percepat mengambilnya untuk kebutuhan lebaran tahun ini," kata menhub di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan dua rangkaian itu terdiri dari 32 gerbong yang mampu mengangkut sekitar dua ribu penumpang. Artinya, ada dua ribu tiket tambahan tersedia untuk penumpang.

"Kereta sudah dicat dan sudah bisa dipakai," kata dia.

Mangindaan sendiri tidak dapat menjamin sisa ketersediaan tiket hingga Senin. Lantaran tiket kereta cepat habis karena jalur pembeliannya sudah sangat bervariasi baik penjualan manual ataupun online.

"Kereta sekarang untuk jarak jauh itu satu orang satu kursi, jadi semua mendapat tempat duduk. Kalau sudah terisi semua berarti tiket habis. Ketersediannya juga sangat fluktuatif."

Mangindaan mengatakan kereta api menjadi pilihan masyarakat karena kereta dianggap lebih nyaman jika dibandingkan bus dan jauh lebih murah jika dibandingkan pesawat.

"KA sangat diminati dibandingkan sejumlah moda transportasi lain karena relatif lebih tepat waktu, jauh lebih murah sehingga lebih laku."

"Hampir satu juta yang bergerak dan pulang. Mereka lebih nyaman naik kereta api," kata dia.

(A061/T007)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014