Pemprov Jabar memberikan layanan mudik gratis bagi kalangan PNS dengan menyediakan beberapa bus,"
Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jabar menyiapkan layanan mudik hari raya Lebaran gratis untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Provinsi Jabar.

"Pemprov Jabar memberikan layanan mudik gratis bagi kalangan PNS dengan menyediakan beberapa bus," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Pakuan, Kota Bandung, Rabu.

Ia menuturkan mudik gratis itu sebagai upaya pemerintah khusus membantu PNS golongan 1 dan 2 yang tidak memiliki kendaraan, tetapi ingin mudik ke kampung halaman.

"Mudik gratis ini khusus untuk pegawai golongan 1 dan 2 yang tidak memiliki kendaraan. Kita bantu dengan mudik bareng pakai bus Pemprov," kata Gubernur.

Selain mudik bagi PNS, kata Heryawan, Pemprov Jabar menyiapkan sekitar 20 sampai 30 unit bus untuk fasilitas mudik gratis bagi masyarakat umum.

Ia menyebutkan tujuan mudik gratis itu di antaranya ke wilayah Priangan Timur, Pantura, Jawa Tengah, bahkan Jawa Timur.

"Untuk mendapatkan mudik gratis, masyarakat bisa segera mendaftarkan diri dan bisa mengaksesnya di kantor Dinas Perhubungan Jabar," kata Heryawan.

Selain program mudik dari pemerintah, Heryawan berharap perusahaan swasta juga mengadakan program mudik gratis.

Menurut dia, program mudik bersama itu dapat menjaga kelancaran arus lalu lintas dan mengurangi penggunaan sepeda motor pada musim mudik Lebaran.

"Saya berharap perusahaan di Bandung menyiapkan bus untuk mudik bareng, biasanya ada perusahaan telekomunikasi, automotif, pangan. Seperti tahun lalu," katanya.

(KR-FPM/I007)

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014