Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR Yosef Umar Hadi sudah meninjau Jalur Pantura dan berharap kondisi jalan yang sudah cukup baik bisa memperlancar arus kendaraan pemudik Lebaran tahun ini.

"Saya sudah lakukan tinjauan ke jalur pantura, seperti di indramayu, Cirebon. Jalan di Pantura sudah baik dan bagus, sudah rata, walaupun masih ada yang ditambal," kata Yosef di Gedung DPR/MPR/DPD RI Jakarta, Kamis.

Meski demikian, ia mengimbau aparat keamanan tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan pada beberapa titik rawan, seperti tempat pasar tumpah, di sepanjang Jalur Pantura.

Ia juga mengimbau para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua untuk memanfaatkan fasilitas mudik dengan kapal atau kereta api yang disediakan pemerintah.

"Kita ingin kurangi kecelakaan bermotor dan mengurangi pemudik dengan motor," katanya.

Dia juga mengatakan sebaiknya proses bongkar muat barang di Pelabuhan Penyeberangan seperti Bakauheni dan Merak dilakukan lebih cepat supaya tidak sampai menimbulkan antrean panjang selama arus mudik.

"Bongkar muat dipercepat atau menambah armada/kapal. Sarana prasarana sudah memadai karena sudah ada penambahan dermaga," kata Yosef.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014