Bandung (ANTARA News) - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Barat menertibkan pedagang kaki lima yang mengganggu lalu lintas kendaraan di jalur mudik Cileunyi-Rancaekek-Nagreg.

"Ada beberapa titik terdapat pedagang kaki lima dan pasar tumpah, salah satunya di depan Kahatek di jalur Cileunyi-Nagreg. Kami akan tertibkan titik itu," kata Kepala Dinas Satpol PP Jawa Barat Sigit Ujuwalaprana di Bandung, Senin.

Selama masa mudik Lebaran, ia melanjutkan, Satuan Polisi Pamong Praja Jawa Barat juga membuka Posko Pengamanan khusus di dekat lokasi yang biasa jadi tempat pasar tumpah di kawasan Jalan Dangdeur Rancaekek, Kahatek, Kabupaten Bandung.

"Kita tongkrongi dan kawal jalur itu, bila ada pedagang kaki lima yang berjualan dan memakan jalur jalan maka kita tertibkan langsung," kata Sigit.

Ia menjelaskan pula bahwa petugas juga terus melakukan sosialisasi kepada para pedagang kaki lima supaya mereka tidak berjualan di bahu jalan karena tindakan itu bisa menimbulkan kemacetan lalu lintas kendaraan dan mengganggu pengguna jalan.

"Intinya mereka diarahkan untuk tidak berjualan di ruas jalan, jangan sampai satu pihak berjualan namun ada masyarakat lainnya yakni pengguna jalan terganggu. Kita awasi jalur itu," katanya.

Satuan Polisi Pamong Praja, lanjut dia, juga membersihkan saluran air di kawasan yang rawan banjir saat musim penghujan itu supaya tidak sampai ada genangan air yang bisa mengganggu lalu lintas kendaraan.


Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014