Merak (ANTARA News) - Pemudik pengguna sepeda motor yang hendak menyeberang ke Bakauheni, Lampung,  mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten, pada Senin.

Para pengendara sepeda motor memenuhi dermaga dan tempat parkir pelabuhan, menunggu kesempatan naik ke kapal ferry yang bersandar di pelabuhan.

Pengendara sepeda motor yang kebanyakan berasal dari Tangerang, Jakarta, Bekasi dan Depok itu umumnya membawa satu penumpang serta beberapa bungkusan.

"Menggunakan sepeda motor karena lebih santai dibandingkan kendaraan umum," kata Basir, seorang pengendara yang akan pulang ke Lampung Utara.

Basir dan istrinya berangkat dari Tangerang pukul 07.00 WIB dan sedang menunggu giliran untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakuheni.

"Kami berharap pagi ini sudah bisa diseberangkan dan sampai tujuan pada sore hari," katanya.

Rojak juga memilih melakukan perjalanan dari Jakarta bersama istri dan anak semata wayangnya ke Lampung menggunakan sepeda motor. Mereka sedang menunggu giliran masuk ke kapal untuk menyeberang.

"Kami mudik menggunakan sepeda motor itu menghabiskan bahan bakar 10 liter sampai tujuan. Biaya itu tentu relatif murah," ujar Rojak, yang dalam empat tahun terakhir selalu mudik menggunakan sepeda motor menjelang Lebaran.

Petugas Humas PT ASDP Merak Mario S Oetomo memperkirakan arus pemudik pengguna sepeda motor yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni mulai meningkat hari ini.

Pewarta: Mansyur
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014