Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah penumpang bus arah Jawa Tengah dan Jawa Timur terlantar di Terminal Grogol dan Kalideres Jakarta Barat karena jalur Pantai Utara (Pantura) terputus akibat Jembatan Comal Pemalang amblas.

"Bus membatalkan keberangkatan karena ada jembatan yang amblas," kata salah seorang calon penumpang, Bambang Regi di Jakarta Senin.

Sejumlah Perusahaan Otobis Antarkota Antarprovinsi (PO AKAP) membatalkan keberangkatan enggan rugi dengan kejadian jembatan ambruk itu.

Pasalnya, para pengusaha dan sopir memperkirakan terjadi kemacetan di jalur Pantura sehingga akan merugi.

Bambang menyebutkan beberapa armada bis kelas ekonomi tetap melanjutkan keberangkatan dengan melalui jalur alternatif.

Bambang bersama rekannya hendak mudik ke Pati Jawa Tengah menggunakan bus PO Haryanto namun harus tertahan karena menunggu armada yang tiba akan di Jakarta dari Semarang.

Bambang mengaku pihak pengelola bus menawarkan pindah armada atau travel namun belum ada kejelasan untuk jadwal keberangkatannya.

Sementara itu, pihak pengelola bus di Terminal Kalideres mengambil solusi mengerahkan armada cadangan lebaran.

Kepala Terminal Kalideres Djoko Sukarno menuturkan pengelola perusahaan bus mengembalikan uang ongkos kepada penumpang yang gagal berangkat.

Djoko mengungkapkan mayoritas penumpang bus kelas Ekonomi AC yang menolak ganti armada karena harus menambah ongkos menggunakan kelas Eksekutif.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014