Cianjur (ANTARA News) - Memasuki H-6 Lebaran, lalu lintas di jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, padat dengan antrean terjadi di sejumlah titik rawan macet.

Pada Selasa menjelang sore di sejumlah titik rawan macet seperti Pasar Cipanas, Perempatan Ramayana, Pasar Ciranjang, dan Pasar Warungkondang, sudah terjadi antrean kendaraan hingga memanjang 2 kilometer.

Bahkan di Pasar Cipanas dan Pasar Ciranjang, antrean kendaraan dari kedua arah mencapai 4 kilometer terutama ketika sore menjelang. Aparat dari sejumlah pos pun terus berupaya untuk memutus rantai kemacetan.

Laju kendaraan di kedua jalur tersebut sempat terhenti selama beberapa menit akibat kendaraan umum yang berhenti sembarangan dan banyaknya kendaraan yang keluar masuk dari pasar.

Sementara itu, puluhan petugas dari masing-masing pos pengamanan memasang pagar betis di setiap pertigaan jalur Puncak hingga Cianjur, guna mengatur arus lalulintas, agar tidak terjadi kemacetan.

Volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur hari ini diperkirakan meningkat, termasuk kendaraan pemudik, meskipun peningkatnya belum signifikan, kata salah seorang petugas di Jalur Cipanas.

Dia menduga peningkatan volume kendaraan pemudik akan terus meningkat hingga H-1 Lebaran. Namun untuk menghindari terjadinya macet total di jalur tersebut, Polres Cianjur, akan melakukan sejumlah rekayasa arus di titik-titik rawan macet.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014