Saya kira jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi pada H-6 meningkat dibandingkan H-7,"
Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak pada H-6 Lebaran 2014, menyeberangkan sebanyak 8.116 kendaraan menuju ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Saya kira jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi pada H-6 meningkat dibandingkan H-7," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo di Merak, Selasa.

Menurut dia, saat ini pemudik yang menggunakan kendaraan mulai berdatangan karena mulai terjadinya kepadatan di kantong parkir dan lima dermaga Pelabuhan Merak.

Ia memperkirakan kemungkinan pada Selasa malam hingga Rabu dini hari akan terjadi penumpukan kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Berdasarkan data sementara pada H-6 jumlah kendaraan yang diseberangkan mencapai 8.116 uni terdiri dari sepeda motor sebanyak 1.746 unit, mobil pribadi 4.112 unit, bus 353 unit dan truk 1.905 unit. Sedangkan jumlah penumpang pejalan kaki mencapai 39.697 orang.

Meskipun terjadi kepadatan kendaraan dan penumpang, menurut dia, operasional penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar.

"Kami bekerja keras dengan mengerahkan petugas untuk mengatur kelancaran lalu lintas agar kendaraan tidak menumpuk di lahan parkir dan dermaga," katanya.

Ia mengatakan saat ini Pelabuhan Merak juga masih dipadati truk ekspedisi dan dikhawatirkan mengalami antrean panjang.

ASDP Merak akan melarang truk melintasi penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung pada H-5 atau Rabu (23/7).

"Kami yakin larangan truk itu bisa mengatasi kemacetan dan penumpukan kendaraan," katanya.

(KR-MSR/A039)

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014