Kita temukan dua unit armada yang tidak laik jalan
Jakarta (ANTARA News) - Pengelola Terminal Bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) Kalideres memperketat pemeriksaan armada bus saat arus mudik Idul Fitri 2014.

"Kita temukan dua unit armada yang tidak laik jalan," kata Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres Joko Sukarno di Jakarta, Rabu.

Joko mengatakan petugas akan memeriksa secara detail kelaikan bus yang menjadi armada penumpang arus mudik Lebaran guna mengantisipasi kecelakaan lalulintas.

Joko menyebutkan petugas menemukan satu armada tidak dilengkapi surat dokumen, sedangkan satu unit lainnya tidak laik jalan dengan kondisi ban gundul dan batu velg patah.

"Petugas pulangkan armada dan dilarang membawa penumpang," tegas Joko.

Joko menambahkan petugas juga sempat menahan sejumlah armada tambahan arus mudik karena tidak dilengkapi kelengkapan surat izin.

Kemudian, petugas memberikan kesempatan kepada perusahaan otobus itu untuk mengurus izin jalan dan mengizinkan beroperasi.

Joko menegaskan pihaknya tidak akan memberikan toleransi kepada perusahaan bus yang mengerahkan armada tidak laik jalan dan tanpa surat izin operasi.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014