Lebak (ANTARA News) - Stasiun kereta api Rangkasbitung memasuki H-5 mulai dipadati penumpang yang hendak mudik Lebaran 2014.

Dari pantauan, Rabu, ribuan pemudik memadati Stasiun Rangkasbitung dari keberangkatan menuju Jakarta hingga terjadi saling berdesakan.

Keberangkatan KA Ekonomi pukul 11.30 WIB dan 12.30 WIB jurusan Rangkasbitung-Jakarta membludak dan saling berdesakan saat naik ke atas gerbong kereta.

"Kami memperkirakan penumpang pada H-5 sekitar 9.000 orang dan naik dibandingkan H-6 sebanyak 7.500 orang," kata Kepala Stasiun Rangkasbitung, Urip.

Urip mengatakan, kepadatan keberangkatan KA menuju Parungpangjang-Serpong-Tanahabang-Jakarta Kota dipadati pemudik sejak pagi hingga siang hari.

Begitu pula kedatangan pemudik yang turun di Stasiun Rangkasbitung terjadi lonjakan.

Mereka pemudik yang turun itu menuju berbagai daerah di Provinsi Banten.

"Kami prediksikan puncak mudik Stasiun Rangkasbitung pada H-3 mencapai 15.000 orang," katanya.

Menurut dia, pihaknya saat ini menyediakan tujuh kereta untuk melayani pemudik lebaran dengan keberangkatan mulai pukul 04.15 WIB sampai 17.30 WIB.

Di samping itu juga empat perjalanan KA yang berhenti di Stasiun Rangkasbitung antara lain KA Ekpres Krakatau, KA Kalimaya, dan KA Ekonomi Pattas.

Selama ini, lanjutnya, kondisi Stasiun Rangkasbitung berjalan lancar, meskipun terjadi peningkatan penumpang.

"Kami bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkutan KA dengan nyaman dan aman," katanya.

(KR-MSR/F003)

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014