Karawang (ANTARA News) - Ribuan pemudik dari arah Jakarta menuju jalur Pantura menyemut di jalur mudik khusus sepeda motor Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Rabu (23/7) malam hingga Kamis dini hari.

Pantauan Antara, ribuan pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya yang menggunakan sepeda motor itu sudah mulai memasuki Karawang pada Rabu malam. Menjelang tengah malam hingga Kamis dini hari pemudik bermotor semakin banyak.

Akibat semakin banyaknya pemudik bermotor yang melintasi jalan Lingkar By Pass Karawang, petugas mengalihkan arus menuju jalur khusus sepeda motor.

"Pemudik yang menggunakan sepeda motor sudah semakin banyak. Jadi dialihkan ke jalur khusus motor," kata seorang petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika setempat Watma, di Karawang, Kamis.

Dikatakannya, jalur khusus sepeda motor di wilayah Karawang itu sendiri ialah Lamaran-Telagasari-Cilamaya-Cikalong dan tembus ke jalur Pantura Karawang.

Pengalihan arus pemudik bermotor itu sendiri dilakukan agar jalan arteri Karawang menuju jalur Pantura tidak terlalu padat.

Seperti musim mudik lebaran pada tahun-tahun sebelumnya, kata dia, pengalihan arus pemudik bermotor dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan di sekitar simpang Jomin. (MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014