Lampung Selatan (ANTARA News) - Pemudik asal Pelabuhan Merak menumpuk di Pelabuhan Bakauheni, pada H-3 menjelang hari raya Idul Fitri 1435 H.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat, penumpang dari Pelabuhan Merak telah menumpuk sejak pukul 05.00 WIB.

Bus yang disediakan pun kurang, sehingga pemudik yang ingin menuju kampung halamannya lebih cepat terpaksa menunggu lama.

Pemudik yang datang dari Pelabuhan Merak ini pun, didominasi oleh pejalan kaki. Untuk kendaraan roda dua masih cukup normal.

Antrean pemudik yang ingin keluar kapal pun terjadi di Dermaga II dan III. Sama halnya dengan kendaraan roda empat, yang terpaksa mengantre keluar kapal.

Sampai dengan pukul 07.00 WIB, arus mudik dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni terus meningkat baik yang pejalan kaki, kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

Sementara itu, kondisi sebaliknya akan terjadi pada arus balik usai Lebaran nanti, dipastikan kepadatan akan lebih banyak penumpang dari Bakauheni menuju Merak dibandingkan sebaliknya.

Untuk mengatasi terjadi penumpukan penumpang maupun kendaraan di area parkir yang tersedia di pelabuhan itu, pihak ASDP Pelabuhan Bakauheni telah menyediakan setidaknya enam loket kendaraan roda dua dan empat kendaraan pribadi dan bus.

Sedangkan untuk parkir kendaraan, setidaknya kantong parkir yang tersedia bisa menampung sebanyak 6.000 kendaraan pribadi.

Pewarta: Roy Baskara Pratama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014