... pada hari normal yang melintas di Tol Cikampek sebanyak 14.000 kendaraan dan pada H-5 lebaran tahun ini saja jumlah kendaraan 29.000 kendaraan... "
Jakarta, (ANTARA News) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan jumlah kendaraan pada puncak arus mudik Jumat (25/7) mencapai 41.000 kendaraan yang keluar di gerbang tol Cikampek.

Menurut Corporate Secretary PT Jasa Marga, David Wijayatno, jumlah kendaraan itu meningkat sekitar lima persen dibandingkan puncak arus mudik 2013 sebanyak 38.000 kendaraan.

"Jumlah kendaraan pada hari normal yang melintas di Tol Cikampek sebanyak 14.000 kendaraan dan pada H-5 lebaran tahun ini saja jumlah kendaraan 29.000 kendaraan," katanya, saat dihubungi www.antaranews.com di Jakarta, Jumat.

Wijayatno mengatakan, total kendaraan yang keluar di gerbang Tol Cikampek pada Kamis (24/7) 33.200 kendaraan.

Menurut dia untuk mengantisipasi puncak arus mudik di tol Cikampek, PT Jasa Marga memfungsikan seluruh gardu untuk arus keluar kendaraan. Wijayatno menjelaskan, ada 14 gardu yang difungsikan dengan rincian delapan gardu yang ada ditambah dengan enam tandem.

"Di gerbang Cikarang Utama yang menuju Cikampek, kami mengubah seluruhnya yang sebelumnya untuk keluar ke arah Jakarta menjadi gardu masuk ke arah Cikampek," ujarnya.

Sistem tersebut menurut dia dilakukan apabila terjadi kepadatan di Cikarang Utama dan itu sudah dilakukan pada Kamis (24/7) malam. Namun dia mengatakan hal itu tidak dilakukan pada Jumat pagi karena kondisi jalanan lengang.

Sementara itu menurut dia, di gerbang tol Cikopo dilakukan hal sama sejak dua hari lalu (Rabu) yaitu seluruh gerbang difungsikan untuk arus keluar saat mudik.

"Untuk ke arah Jakarta kami alihkan ke Bukit Indah lalu masuk melalui Kali Urip," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014