Karawang (ANTARA News) - Antrean panjang kendaraan pemudik terjadi dari arah Jakarta menuju gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada H-3 Lebaran atau Kamis.

Pantauan Antara, antrean kendaraan pemudik menuju gerbang Tol Cikampek terjadi sejak memasuki jalan Tol Jakarta--Cikampek kilometer 71--72.

Kendaraan pemudik yang menuju gerbang Tol Cikampek didominasi kendaraan pribadi. Sedangkan pemudik yang menggunakan bus kebanyakan keluar di gerbang Tol Dawuan dan Karawang Timur.

Sejumlah pemudik yang melintas dari arah Jakarta mengaku terjebak antrean panjang menuju gerbang Tol Cikampek selama lebih dari dua jam.

Selepas gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura melewati pertigaan Mutiara dan simpang Jomin, arus lalu lintas padat merayap.

Di pertigaan Mutiara, petugas dari Polres Karawang beberapa kali memberlakukan sistem buka tutup. Dengan sistem buka tutup di pertigaan Mutiara, maka kendaraan dari arah gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura diarahkan melintasi pasar Cikampek, bawah jembatan layang Pasar Cikampek.

Saat terjadi penumpukan kendaraan di jalur Pertigaan Mutiara--Pasar Cikampek menuju jalur Pantura, arus kembali diarahkan ke simpang Jomin melintasi jalan raya By Pass Jomin.

Sistem buka tutup di Pertigaan Mutiara tersebut diterapkan situasional dengan kondisi di lapangan. Hal itu dilakukan untuk mengurai kemacetan di jalur mudik dari arah Cikampek menuju jalur Pantura. 
(KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014