Bekasi (ANTARA News) - Petugas Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, pada H-3 hingga Jumat malam mencatat sebanyak 53.249 sepeda motor telah melintas di jalur mudik utama di wilayah setempat.

"Data kendaraan tersebut berdasarkan pencatatan petugas pantau di depan Pos Pelayanan (Posyan) Bekasi Cyber Park (BCP) yang berada di Jalan Hasibuan, Kecamatan Bekasi Selatan, hingga pukul 20.00 WIB," kata Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaur Bin Ops) Satlantas Polresta Bekasi Kota, Iptu Indira.

Menurutnya, peningkatan jumlah sepeda motor yang melintas setiap jamnya mencapai 1.000 hingga 2.000 unit.

"Sedangkan untuk kendaraan roda empat, peningkatannya masih stabil yakni sebanyak 5.928 unit, karena lebih banyak melintas di jalan tol," katanya.

Menurut Indira, jumlah sepeda motor di koridor tengah itu mengalami kenaikan sekitar 10.000 unit bila dibandingkan pada saat pemberangkatan mudik, Kamis (24/7).

Koridor tengah merupakan jalur mudik utama di Kota Bekasi yang menghubungkan Jakarta Timur dan Kabupaten Bekasi melalui Jalan KH Noer Alie-Jalan M Hasibuan-Jalan Chairil Anwar.

Dibanding dengan Kamis atau H-4, jumlah kendaraan roda dua mencapai 42.917 unit, sedangkan kendaraan roda empat terdata 5.357 unit.

"Kami memperkirakan, semakin malam, akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan roda dua. Memang kita perkirakan puncak arus mudik roda dua terjadi pada H-3 malam ini," kata Indira.

Lebih lanjut dia mengimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati bila melintasi jalan basah di saat hujan.

"Cuaca malam ini memang sedang mendung, agar pemudik tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan di jalan hingga selamat sampai tujuan," katanya.

(KR-AFR/T007)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014