Cibinong (ANTARA News) - Lalu lintas kendaraan yang melewati jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, padat pada Sabtu pagi dengan antrean kendaraan sampai 1,5 kilometer dari pintu tol.

Petugas pusat pengaturan lalu lintas Kepolisian Resor Bogor di Pos PAM Gadog, Brigadir Gerry, mengatakan lalu lintas kendaraan di jalur itu sudah mulai padat sejak pukul 07.00 sampai 08.00 WIB.

"Kami sudah melakukan pengaturan arus dengan memberlakukan satu arah selama kurang lebih satu jam mulai dari pukul 09.30 sampai 10.00 WIB," katanya serta menambahkan lalu lintas kendaraan mulai normal setelah itu.

Selain akibat peningkatan jumlah kendaraan yang melintas, lalu lintas kendaraan di jalur itu juga menjadi padat karena ada penyumbatan arus lalu lintas di beberapa titik seperti Pasar Cisarua.

"Penyumbatan terjadi di titik Pasar Cisarua, jika sudah melintasi jalur ini, arus normal menuju ke atas," katanya.

Ia menjelaskan, kendaraan yang melalui jalur Puncak sudah melonjak sejak Jumat malam pukul 21.00 WIB sampai 23.00 WIB. Kendaraan yang melewati jalur itu kebanyakan mobil-mobil pribadi berplat nomor Jakarta.

"Banyak yang memilih ke Puncak sejak hari ini karena mereka sudah ditinggal mudik pembantunya, jadi banyak yang memilih menginap di vila atau di hotel sampai Lebaran tiba," katanya.

Menurut data petugas Kepolisian Resor Bogor jumlah kendaraan yang keluar dari pintu tol Ciawi menuju Puncak mencapai 32.000 unit sedang yang 12.000 kendaraan.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014