Bandung (ANTARA News) - Polisi mengalihkan sebagian kendaraan pemudik ke jalur alternatif Cijapati menuju Kabupaten Garut untuk mengurai kemacetan di jalan nasional Cicalengka-Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Sabtu malam.

Kepala Pos Pengamanan Parakan Muncang, AKP Suryana di Bandung, Sabtu, mengatakan, arus kendaraan dari Cileunyi menuju Nagreg cukup padat sehingga sebagian dialihkan ke jalur alternatif.

"Kami arahkan pemudik kendaraan kecil untuk menggunakan jalur alternatif Cijapati, karena kalau menunggu ramai lancar di Nagreg belum tahu kapan," kata Suryana.

Ia menuturkan, jalur alternatif Cijapati aman dilalui kendaraan dengan kondisi jalan bagus, bahkan disiagakan sejumlah anggota polisi untuk pengamanan jalan.

Setiap persimpangan jalan, lanjut dia, telah bersiaga polisi untuk mengatur dan memberikan petunjuk jalan alternatif hingga kembali ke jalan nasional.

"Di Cijapati disiagakan anggota Brimob, setiap persimpangan ada pos, jadi aman, jangan khawatir nyasar," katanya.

Pemudik dari arah Bandung dapat menggunakan jalur alternatif Cijapati dengan memutar arah dari kawasan Parakan Muncang lalu masuk ke jalur lama Cicalengka.

Selanjutnya pemudik di persimpangan masuk ke Jalan Raya Majalaya, lalu akan menemukan petunjuk jalan ke Cijapati dan keluar di Kadungora, Kabupaten Garut.

Sementara itu, arus kendaraan di Jalan Raya Cicalengka-Nagreg, Sabtu malam, macet hingga mengekor ke kawasan Jalan Raya Parakan Muncang.

(KR-FPM/F003)

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014