Ya Alhamadulillah, rezeki Ramadhan, sudah laku enam lembar untuk hari ini
Bogor (ANTARA News) - Jelang hari Raya Idul Fitri 1435 H/2014, padagang kulit bedug di Kota Bogor, Jawa Barat panen rejeki dengan banyaknya pembeli yang datang dari berbagai daerah.

Erman Sulaeman (45) salah satu pedagang kulit bedug yang berjualan di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal yang ditemui Antara, Minggu, tersenyum semringah ketika satu lembar kulit bedug kembali laku terjual.

"Ya Alhamadulillah, rezeki Ramadhan, sudah laku enam lembar untuk hari ini," kata Eman.

Eman mengatakan ia telah menggelar dagangan kulit bedug sejak seminggu Ramadhan. Sebanyak 500 kulit bedug ia siapkan untuk dijual tahun ini.

Sejak awal berjualan sampai kini, sekitar 100 lebar kulit bedug yang ia jajakan telah laku terjual selama Ramadhan. Pembelian terbanyak justru terjadi menjelang Lebaran.

Harga jual kulit bedug pun bervariatif mulai dari yang terendah Rp120.000 untuk ukuran kecil hingga Rp200.000 untuk ukuran besar. Dari satu lembar kulit bedug ia bisa mengambil keuntungan sebesar Rp30.000 sampai Rp50.000.

"Tapi kalau sudah jelang Lebaran ini saya jual murah Rp140.000, biar cepat laku," katanya.

Menurut Erman, pembeli kulit bedug berasal dari berbagai kalangan, ada yang untuk perusahaan, masjid maupun warga dari kampung yang ada di Kabupaten Bogor.

Mereka membeli kulit bedug untuk keperluan di masjid maupun di kampung mereka untuk dijadikan bedug yang akan ditabuh saat malam takbiran.

Erman hanya menjual kulit bedug saja, yang ia gantung begitu saja di pinggir jalan, tanpa lapak ataupun atap pelindung panas dan hujan.

Selain di Jalan Pemuda, Erman juga memiliki cabang di Jalan Padjajaran depan Bale Binarum yang dijual oleh saudaranya. Menjual kulit bedug ini telah ia lakoni sejak tahun 1990, sedangkan profesi utamanya adalah sebagai pengrajin kayu.

Untuk menyiapkan kulit bedug selama Lebaran tahun ini, Erman telah mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum Ramadhan. Kulit-kulit kambing tersebut ia ambil dari rumah potong hewan langganannya yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor.

Selain menyiapkan untuk Idul Fitri, Erman juga sudah menyiapkan sejumlah kulit bedug untuk Idul Adha. Dan Ia optimistis sehari jelang Lebaran penjualan kulit bedug lebih ramai dari biasanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014