Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya menegaskan kembali larangan menggelar konvoi di jalan umum pada malam takbiran di Jakarta.

"Kami mengimbau agar takbiran dilakukan di masjid atau di lingkungan tempat tinggal saja, tidak perlu konvoi" kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut, menurutnya, karena melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang diwarnai banyak kecelakaan dalam kegiatan itu.

"Di tahun-tahun terakhir banyak terjadi perkelahian dan ada yang jatuh dari pick up," tambahnya.

Selain itu, menurut Rikwanto, kegiatan takbiran di jalan umum juga dapat mengakibatkan kemacetan dan memancing perkelaihian di antara warga yang konvoi.

Ia menambahkan, jika masih ada warga yang masih melakukan konvoi di jalanan umum, maka pihak kepolisian akan menghalau konvoi tersebut untuk kembali ke tempatnya masing-masing.

Terkait arus mudik, Rikwanto mengatakan Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 posko dan 120 pos pengamanan, termasuk patroli.

"Jumlah tersebut untuk Operasi Ketupat, menjaga arus lalu lintas dan mobilitas masyarakat serta mencegah konvoi di jalanan," tambahnya.

Ramai lancar

Sementara itu, pantauan Antara di Jalan Raya Daan Mogot Kalideres, Jakarta Barat, arus lalu lintas sepanjang jalan Kalideres menuju Grogol, Minggu dari pukul 10.00 WIB sampai 14.30 WIB, terlihat ramai lancar oleh kendaraan-kendaraan umum dalam kota dan roda dua.

Kemacetan hanya terjadi di pintu masuk terminal Kalideres yang diakibatkan oleh antrean bus-bus yang mengangkut pemudik dan kendaraan-kendaraan umum lainnya.

Para pengendara roda dua dan roda empat menggunakan kesempatan lengang tersebut untuk memacu kendaraannya dengan cepat.

Seorang pengemudi metro mini Aryo, mengaku kalau hari biasa jalanan di Kalideres menuju Grogol selalu macet, terutama siang hingga waktu Magrib.

Ia mengaku, kemacetan parah terjadi pada jumat (25/7) lalu, hal itu diakibatkan oleh banyaknya bus-bus yang mengangkut pemudik.

Hal tersebut juga di akui oleh Ajun Komisaris Polisi (AKP) A.D. Penjaitan ketika ditemui di Posko Lebaran di Terminal Kalideres.

"Dari kemarin sampai hari ini sejauh pantauan kami jalanan ramai lancar, tidak seperti yang terjadi pada Jumat kemarin, " katanya.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014