Jakarta (ANTARA News) - Untuk sejumlah keluarga Muslim, Idul Fitri hanyalah sebuah rutinitas sekali setahun yang tidak berubah: bangun, shalat subuh, sarapan, pergi shalat id, bersalaman, pulang, mungkin pergi keluar, mungkin bersilaturahmi, makan , makan, makan, mendapatkan hadiah atau uang Idul Fitri, makan dan tidur.

Tahun ini, mengapa tidak membuat Idul Fitri sebagai hari yang lebih spesial? Berikut adalah beberapa ide dari soundvision.com mengenai hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan keluarga untuk keluar dari rutinitas biasa.

1. Buat rencana terlebih dahulu

Mengadakan rapat keluarga seminggu sebelum dan merencanakan apa yang ingin Anda lakukan pada hari Idul Fitri. Mengundang orang lain untuk bersilaturahmi pada sore hari, dan makan malam di sebuah restoran di malam hari? Atau sebaliknya? Diskusikan ide dengan keluarga, termasuk semua anak-anak.

Berbicara tentang menu dan membagikan tanggung jawab memasak bukan memberikan seluruh beban kerja kepada ibu.

Pastikan semua orang libur dari pekerjaan, sekolah atau rencana lain.

2. Rapikan dan dekorasi rumah


Libatkan semua orang dalam hal ini. Buat rumah sebersih mungkin. Jika ada cukup waktu dan cuaca hangat, pertimbangkan mencuci sprei, menempatkan kasur dan selimut di luar rumah.

Kemudian, setelah rumah hampir bersih, hias dengan balon, lampu, spanduk, pita, dll. Libatkan anak-anak dalam proses ini. Mintalah mereka membuat ucapan "Idul Fitri" dan tempelkan di sekitar rumah.

Putar lagu - lagu islami sehingga semua orang bisa bernyanyi atau bersenandung bersama sambil bekerja.

3. Buat makanan spesial

Buat sesuatu yang istimewa yang keluarga tidak biasa makannya, bisa manis, asam atau keduanya. Intinya adalah Idul Fitri merupakan hari yang spesial, dan makanan yang kita makan pada hari ini harus lebih baik dan berbeda dari makanan kami yang biasa.

4. Bertukar hadiah

Masukan nama masing-masing anggota keluarga dalam toples dan setiap orang mengambil satu. Siapa pun yang diambil namanya harus membeli atau memberi orang tersebut hadiah. Satu catatan: bayi harus mendapatkan hadiah dari semua orang.

5. Buat kerajinan tangan bersama anak - anak

Jika Anda tidak ingin ide bertukar hadiah dan ingin semua orang untuk mendapatkan hadiah coba yang satu ini. Kerajinan tangan adalah hal terbaik untuk membuat hadiah karena lebih personal, murah dan menghemat perjalanan untuk ke pusat perbelanjaan.

Anda dapat menyuruh anak-anak mengumpulkan semua barang - barang yaang mereka temukan saat membersihkan rumah dan menaruhnya dalam sebuah kotak. Kemudian mereka dapat menggunakan barang - barang ini untuk membuat hadiah Idul Fitri yang aneh tapi bermakna.

6. Beli baju baru

Anak-anak tidak akan merasa Idul Fitri spesial jika mereka mengenakan pakaian yang sama. Menabunglah untuk Idul Fitri dan beri mereka sesuatu yang baru. Atau setidaknya mempersiapkan pakaian bagus untuk lebaran dengan mencucinya.

7. Lakukan ini ketika Anda berencana membeli pakaian baru


Carilah pakaian dan mainan (untuk anak - anak) yang sudah tidak terpakai lagi. Kemudian jual pakaian dan mainan tersebut, lalu sumbangakan hasil penjualan ke masjid atau acara penggalangan dana masyarakat.

8. Cuci mobil


Siapa yang ingin pergi shalat Ied di dalam mobil yang kotor penuh dengan bungkus permen karet dan remah - remah kue? Dan pikirkan apa yang akan terjadi pada pakaian Idul Fitri semua orang jika duduk di dalam kendaraan seperti itu. Cuci bersih mobil. Semua orang harus ikut membantu. Satu orang membersihkan interior, yang lain membersihkan jendela, mencuci eksterior, dll.

Jika memungkinkan periksa mesin mobil dan isi bensin.

9. Saat shalat Ied, cari orang-orang yang sendirian dan undang mereka


Di tempat shalat Idul Fitri, di mana banyak orang saling berpelukan, Anda akan menemukan beberapa Muslim berdiri sendirian. Baik mereka yang baru memeluk agama Islam atau imigran baru tanpa kerabat dan teman-teman. Sapa dan peluk mereka. Jika memungkinkan undang mereka ke rumah Anda untuk makan. Beritahu mereka tentang perayaan Idul Fitri yang ada pada pusat komunitas.

10. Pergi ke restoran muslim bersama keluarga

Dengan cara ini Anda tidak hanya bertamasya bersama keluarga pada Idul Fitri, tetapi Anda akan mendukung bisnis Muslim. Jika makanan dan pelayanannya baik, rekomendasikan ke teman Anda.

11. Rekam kegiatan Idul Fitri

Dari waktu bangun di pagi hari sampai semua orang berbahagia di malam hari, rekam momen Idul Fitri ini untuk kenang - kenangan. Hal ini mungkin akan menjadi bagian lucu dari sejarah keluarga. Berikan tanggung jawab untuk merekam pada salah satu anggota keluarga yang mahir dibidang teknologi.

12. Pergi jalan - jalan

Ajak keluarga jalan - jalan ke pedesaan dan coba lewati jalan asing, tantang anak-anak untuk mengingat perjalanan pulang. (Selalu sedia pulsa telepon, peta, dan makanan jika seandainya hal itu membutuhkan waktu lebih lama).

13. Kunjungi tempat penampungan dan sumbangkan makanan Anda


Selain itu lakukan dakwah dengan mengatakan para pekerja di tempat penampungan apa makna Idul Fitri, amal dalam Islam dan Ramadhan. Bawa pamflet dan materi tertulis lainnya. Kunjungan dapat membantu mengingatkan semua orang seperti apa ketika mereka lapar saat berpuasa selama bulan Ramadhan.

14. Berbagi dengan tetangga

Buat makanan ringan (sesuatu yang sederhana yang semua orang suka, seperti kue coklat) dan tulis ucapan selamat Idul Fitri pada kartu dekoratif atau posterboard kecil. Berikan kepada tetangga Anda.

15. Kunjungi kerabat dan teman-teman


Utamakan kunjungi kerabat dan teman - teman yang jauh . Tidak ada waktu yang lebih baik dari Idul Fitri. Hal ini juga merupakan cara yang bagus untuk memperkenalkan anak-anak dengan kerabat mereka baik yang dekat maupun yang jauh.

16. Buat hiburan keluarga pada malam hari


Biarkan anak - anak mempersiapkan beberapa lagu untuk hiburan acara keluarga pada malam hari dengan memainkan alat musik, menyanyi atau membaca puisi. Tunjuk salah satu remaja yang bertanggung jawab atas acara tersebut. Bantu mereka membuat acara hiburan.

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014