Bandung (ANTARA News) - Zakat Fitrah hendaknya dipastikan sampai ke fakir miskin secara tepat sasaran, kata Ketua Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI) KH Athian Ali Dai ketika dihubungi dari Bandung, Minggu.

"Zakat fitrah hendaknya sampai kepada fakir miskin, jangan lagi ada muslim memakan hak fakir atas nama amilin," kata KH Atian.

Ia menyebutkan, zakat fitrah berbeda dengan zakat harta. Fitrah dibayarkan oleh kaum muslim yang memiliki makanan atau rezeki memiliki kelebihan rezeki pada Hari Raya Idul Fitri.

Ia menyebutkan zakat fitrah khas karena dilakukan pada Bulan Ramadhan, dengan maksud untuk meringankan mereka yang fakir untuk meringankan beban mereka pada saat Hari Raya Idul Fitri.

"Fitrah dikumpulkan kemudian disalurkan sebelum Shalat Id, namun tidak mengikat dan bisa diberikan setelah Shalat Id dan bisa disampaikan dengan konsep yang lebih maksimal untuk pemberdayaan fakir miskin," kata Athian.

Menurut dia, FUUI berupaya untuk melakukan dakwah untuk membenahi sistem penyaluran zakat fitrah agar bisa lebih bermanfaat bagi fakir miskin.

"Saya melihat upaya perbaikan sistem penyaluran zakat fitrah sudah meningkat, dan perlu dioptimalkan sehingga benar-benar sampai dan diterima oleh yang berhak menerimanya," katanya.

Terkait dengan momentum Hari Raya Idul Fitri, kata KH Athian menyebytkan ujian hidup dan pengendalian nafsu bukan hanya pada Bulan Ramadhan tapi di setiap detik dari kehidupan.

Ia berharap, setelah Bulan Ramadhan adanya peningkatan dari setiap diri Muslim di Indonesia.

"Salah satu bukti sudah shaum, tidak ada lagi kedzaliman, korupsi dan segala maksiat dilakukan muslim di negeri ini," katanya.

Selain itu, kata dia hendaknya momentum Hari Raya Idul Fitri benar-benar dijadikan ajang untuk silaturahim untuk menciptakan suasana damai, aman dan sejahtera di seluruh elemen bangsa Indonesia.

"Salaman semoga bukan sekedar basa basi tapi menyatukan hari dalam kedamaian di jalan Allah," katanya.

Pada kesempatan itu, FUUI juga menyeru kepada seluruh elemen Bangsa Indonesia untuk tetap memberikan perhatian kepada kaum Muslim di Gaza, Palestina yang saat ini tengah berada dalam keprihatinan akibat serangan artileri Israel.

"Kami mengimbau pada momen hari kemenangan ini untuk mendoakan saudara-saudara kita di Gaza," kata KH Athian M Ali Dai menambahkan.

(S033/Y003)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014