Kami juga mengimbau kepada pengendara agar saat kondisi jalan lengang tidak menancap gas dan jika pengendara sudah mengantuk atau lelah lebih baik istirahat dan tidak memaksakan meneruskan perjalanan."
Sukabumi (ANTARA News) - Arus lalu lintas jalur utama mudik di Sukabumi hingga pukul 23.00 WIB terpantau padat disebabkan aktifitas pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua yang masuk dari arah Bogor.

Pantauan di lokasi, Minggu malam, kepadatan kendaraan di jalur mudik bagian utara Sukabumi tersebut terjadi mulai pukul 20.00 WIB, kepadatan kendaraan tampak di lokasi-lokasi pusat belanja seperti depan Pasar Cicurug, Parungkuda dan Cibadak.

Tersendatnya arus lalu lintas disebabkan berbaurnya kendaraan pemudik dengan warga yang keluar masuk pusat perbelanjaan dan konvoi takbir keliling.

"Tersendatnya arus lalu lintas di wilayah utara Sukabumi atau tepat di jalur utama mudik disebabkan oleh aktifitas masyarakat yang melakukan perjalanan ke pusat-pusat keramaian seperti tempat perbelanjaan baik pasar tradisional maupun swalayan ditambah aktifitas pemudik yang menggunakan roda dua masih tinggi hingga malam takbiran ini," kata Kepala Seksi Pengendalian Operasional, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sukabumi Asep Sumantri.

Menurut Asep, aktifitas pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dari arah Bogor menuju jalur mudik Sukabumi masih tinggi, bahkan banyak ditemukan iring-iringan pemudik dengan cara konvoi kendaraan roda dua di jalur mudik tersebut. Akibat banyaknya kendaraan yang melintas tersebut arus lalu lintas menjadi tersendat.

Namun, dari pantauannya memasuki tengah malam ini volume kendaraan mulai berangsur normal dan kepadatan hanya tampak di depan pusat perbelanjaan saja. Diperkirakan, arus kendaraan kembali normal bahkan lengang akan terjadi saat pergantian hari atau sekitar pukul 00.00 WIB.

"Padatnya arus kendaraan, sudah bisa kami urai dan tidak terlalu padat seperti pada H-2 dan H-3 lebaran, kepadatan ini karena banyak warga yang melakukan aktifitas perjalanan di malam takbir ini. Selain itu, mayoritas kendaraan yang melintas selain roda dua juga mobil pribadi," tambahnya.

Asep memprediksi pada 1 Syawal atau Senin, (28/7) arus lalu lintas mulai lengang sekitar pukul 01.00 WIB karena aktifitas warga di luar rumah sudah berkurang atau pulang ke rumah dan kendaraan pemudik yang masuk dari arah Bogor ke Sukabumi sudah dipastikan sangat sedikit. Namun demikian pihaknya masih tetap siaga yang dibantu oleh Polisi Lalu Lintas Polres Sukabumi untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kami juga mengimbau kepada pengendara agar saat kondisi jalan lengang tidak menancap gas dan jika pengendara sudah mengantuk atau lelah lebih baik istirahat dan tidak memaksakan meneruskan perjalanan," katanya.  (ADR/F003)

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014