Medan (ANTARA News) - Menjelang H-1 Lebaran sejumlah plaza terbesar di Kota Medan kelihatan sepi dan tidak begitu padat dikunjungi warga yang ingin berbelanja untuk keperluan Idul Fitri 1435 Hijriyah.

Pantauan Antara di Medan, Minggu, plaza yang tidak begitu ramai tersebut, yakni Plaza Medan Mall dekat Pasar Sentral Sambu, Thamrin Plaza dan Plaza Yuki Simpang Raya.

Kurangnya pengunjung atau masyarakat yang berada di plaza itu, sejak pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Sepinya warga untuk berbelanja di lokasi plaza itu, kemungkinan sebahagian masyarakat Medan sudah banyak yang mudik Lebaran ke kampung halaman mereka.

Oleh karena itu, wajar saja pusat perbelanjaan cukup mewah di Kota Medan kelihatan sepi dan kurang banyak warga yang berbelanja untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri tersebut.

Selain itu, pada bulan Juli 2014 ini, juga banyak keperluan yang dipikirkan warga Medan, yakni kebutuhan anak yang masuk sekolah (pelajar SD,SMP dan SMA).

Bahkan, dana yang diperlukan para orang tua, sudah banyak yang dibelanjakan untuk kebutuhan anak-anak mereka yang masih menimba ilmu di bangku sekolah.

Masyarakat tampaknya, lebih mengutamakan keperluan sekolah dari pada untuk membeli baju Lebaran.

Plaza Medan Mall yang menawarkan "discount" atau potongan harga sebesar 20 persen, 50 persen, dan 75 persen, juga kurang diminati masyarakat.

Begitu juga di Thamrin Plaza dan Plaza Yuki Simpang Raya, tidak begitu ramai pengunjung untuk berbelanja kemeja, celana dan barang lainnya untuk dipakai pada Idul Fitri yang jatuh pada Senin (28/7).

Sebahagian pengunjung hanya banyak yang menawar-nawar saja, dan sedikit yang berbelanja.

Kasir di Plaza tersebut, kelihatan lebih banyak yang duduk, karena sepinya warga yang berbelanja atau membeli keperluan dalam menyambut Idul Fitri tersebut. (*)

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014