... karena manusia adalah umat yang satu dan jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara... "
Denpasar (ANTARA News) - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Bali, H M Taufik As'adi, mengingatkan, kebersamaan jiwa perlu dijaga dan dipelihara secara terus menerus sambil menebarkan kedamaian di manapun dan kapan saja.

"Jangan sampai kita mengalami keadaan yang kacau dan tidak terkendali, karena manusia adalah umat yang satu dan jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara," kata dia, sebagai khotib shalat Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah, di Lapangan GOR Ngurah Rai, Denpasar, Senin.

Ia mengatakan, hubungan tali silaturahmi untuk memperkokoh persaudaraan, memupuk jiwa kebersamaan sekaligus menghargai adanya keragaman serta shalat malam yang senantiasa dilaksanakan untuk mendoakan dan memohon keamanan serta kemakmuran bersama.

Dengan demikian akan mampu meningkatkan kualitas kehidupan kearah yang lebih baik sekaligus mewujudkan masyarakat madani yakni masyarakat yang tertib, teratur, cerdas dansejahtera.

Di hadapan seribuan umat Islam yang melaksanakan shalat Ied dengan imam Abu Abdullah, Ia mengingatkan, kondisi yang demikian itu akan sangat memperlancar pelaksanaan pembangunan menyangkut berbagai aspek kehidupan.

Selain itu mengubah jarak dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat serta mendekatkan hati rakyat yang dilayani.

"Jika semua itu dapat dilaksanakan secara baik, akan mampu mewujudkan keamanan, kedamaian dan kemakmuran masyarakat, sekaligus mewujudkan kerja sama, persaudaraan, silaturahmi dan semangat pengabdian untuk kebahagiaan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, bangsa dan negara," ujar dia.

Oleh sebab itu menjaga jiwa kebersamaan harus dilakukan secara terus menerus dengan mengembangkan semangat silaturahmi rasa kebersamaan dalam bentuk melaksanakan berbagai amal kebajikan.

Selain itu memperkokoh ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyarlah sesama umat manusia

Pewarta: I Ketut Sutika
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014