Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Arus mudik di ruas jalan Trans Kalimantan Poros Selatan, khususnya yang melintasi Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, hingga hari raya Lebaran  masih terlihat ramai.

"Kami sengaja mudik setelah shalat Idul Fitri karena ingin bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga di sini dulu, baru mudik ke Palangka Raya berkumpul dengan orangtua dan keluarga," kata M Andi, warga Sampit, Senin.

Pantauan di lapangan, arus lalu lintas cukup ramai menuju arah Selatan, yakni arah jalan menuju Kasongan, Palangka Raya, Pulang Pisau, Kapuas hingga Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Ruas jalan ke arah Barat juga masih cukup ramai. Namun arus kendaraan sebagian besar menuju Kota Sampit, diperkirakan berasal dari kabupaten tetangga seperti Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara.

Begitu juga ruas jalan yang menghubungkan Kotim-Seruyan, didominasi kendaraan yang berasal dari Seruyan menuju Kota Sampit karena sebagian warga Seruyan berasal Kotim.

Tidak hanya kendaran roda empat, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua juga terlihat ramai. Sebagian pengendara roda dua mudik berkelompok atau terdiri dari rombongan keluarga.

"Karena sekarang sudah berkeluarga, jadi berlebaran di rumah mertua dulu, baru mudik ke rumah orangtua," kata Hadi.

Pewarta: Norjani
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014