Bekasi (ANTARA Nws) - Petugas Sentra Komunikasi Jasa Marga mencatat adanya antrean panjang kendaraan di tol Jakarta-Cikampek arah timur pada hari pertama Idul Fitri, Senin.

"Rata-rata adalah pemudik jarak dekat yang akan bersilaturahim ke rumah-rumah kerabatnya," kata petugas Senkom Jasa Marga Chaerul di Bekasi.

Dia menyebutkan, antrean panjang kendaraan tersebut sudah ditemui sejak di sekitar Cikunir menuju pintu tol Jatibening. Kendaraan pribadi mendominasi antrean ini.

Menurut pantauan Antara, antrean kendaraan ini juga didapati di sekitar area tol Bekasi Timur.

Chaerul mengatakan, kepadatan kendaraan tersebut merupakan imbas dari tingginya jumlah pengendara yang mengakses tol dalam waktu bersamaan.

Dia menambahkan, antrean kendaraan pula dijumpai di sekitar pintu tol Cikarang Utama yang merupakan gerbang pengambilan tiket tol. Antrean di titik ini bahkan mengekor hingga ke sekitar Cibitung.

"Kendaraan pun tak bisa melajukan kendaraan dalam kecepatan tinggi, sehingga bergerak merayap," katanya.

Menurut Chaerul, lalu lintas di tol baru lancar selepas gerbang tol Cikarang Utama. Kemacetan baru dijumpai kembali di pintu tol Cikampek yang antreannya juga mengekor cukup panjang.

"Namun tak sampai simpang arah tol Purbaleunyi. Jadi untuk arah Bandung, kemacetan hanya sampai Cikarang Utama," demikian Chaerul.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014