... tidak mau pindah ke tempat lain karena sudah enak dengan sistem kekeluargaannya... "
Jakarta, (ANTARA News) - Warga yang tinggal di kawasan padat penduduk di Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, saling bersilaturahmi usai melaksanakan solat Idul Fitri untuk mempererat tali persaudaraan.

"Kami biasa saling bersilaturahmi dengan tetangga usai solat Idul Fitri," kata salah seorang warga Bukit Duri, Zainal Abidin (56), kepada www.antaranews.com, di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan tradisi itu sudah turun temurun dilakukan mereka sejak dia masih kecil. Menurut Abidin, walau jadi "langganan" banjir parah, solidaritas warga setempat sudah sangat kuat. 

"Saya sejak lahir tinggal di sini (Bukit Duri) dan tidak mau pindah ke tempat lain karena sudah enak dengan sistem kekeluargaannya," kata tukang ojek itu.

Ketua RT 004/12 Kelurahan Bukit Duri, Nassamri (44), mengatakan,  setelah warga selesai shalat Idul Fitri, biasanya mereka kumpul di rumahnya untuk saling bersilaturahmi. Menurut dia hal itu sudah menjadi kebiasaan masyarakat Bukit Duri setiap Idul Fitri.

"Saya biasanya mengadakan open house agar masyarakat bisa saling bersilaturahmi setelah solat Idul Fitri," katanya. Bukan cuma pejabat tinggi saja yang bisa open house.

Dia mengatakan sebelum Idul Fitri, pihaknya membagikan sekitar 80 paket lebaran kepada warganya yang berhak menerima.

Menurut dia, sebenarnya total warga di RT004/1212 ada 600 warga dengan 160 kepala keluarga. "Kami mendapatkan paket Lebaran itu dari SMA 8 Jakarta sebanyak 80 paket namun tidak semua warga yang menerima. Kami berikan kepada yang tidak mampu seperti janda dan anak yatim," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014