... kapal seperti ini jangan sampai dibiarkan... "
Ternate, Maluku Utara (ANTARA News) - Kepala Polda Maluku Utara, Brigadir Jenderal Polisi Sobri Surya, meminta otoritas pelabuhan setempat tidak mengizinkan kapal yang tidak laik laut berlayar mengangkut arus balik Lebaran 2014.

"Demi menjamin keselamatan para pemudik dalam perjalanan," katanya, saat memantau aktivitas pelayaran antar-pulau pada H2 Lebaran, di Ternate, Selasa.

Ia mengatakan, musim arus balik lebaran seperti ini biasanya dimanfaatkan pengusaha kapal laut mencari keuntungan sebesar-besarnya tanpa memperhatikan kelaikan kapalnya.

Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan Ternate menutup semua aktivitas akibat cuaca buruk, baik kapal berukuran kecil maupun besar dari dan ke Ternate.

Kalaupun kapal laik laut, namun masih bisa disalahgunakan untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan cara menaikkan pemakai jasa melebihi kapasitas dan ketersediaan sarana keselamatan.

"Kapal-kapal seperti ini jangan sampai dibiarkan. Polda telah menempatkan personel di setiap pelabuhan untuk membantu mengawasi pengangkutan arus mudik lebaran," katanya.

Menurut dia, khusus di Kota Ternate, Polda Maluku Utara mengerahkan 800 personel untuk membantu pengamanan di pelabuhan, termasuk di berbagai objek vital lainnya selama hari raya Idul Fitri tahun ini.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014