... pengunjung Tugu Monas hanya 1.600 orang sedangkan saat Lebaran 2.000 lebih per hari... "
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Unit Pengelola Monumen Nasional, Rini Hariyani, mengatakan, pengunjung Monas setelah Lebaran melebihi kapasitas ruangan yang telah disediakan.

"Kapasitas pengunjung Tugu Monas hanya 1.600 orang sedangkan saat Lebaran 2.000 lebih per hari," kata dia, di kantor UPMN, Jakarta, Rabu. Menikmati pemandangan Jakarta dari puncak Monas masih jadi pilihan penting berwisata saat Lebaran.

Tiket menuju puncak Tugu Monas habis sejak pukul 11.00 WIB, pengunjung sudah antre memanjang di pelataran dari pagi hari untuk mendapatkan tiket.

Harga tiket, Rp15.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak, tidak ada kenaikan biaya tiket terkait Lebaran.

"Kami membuat sistem buka tutup guna menghindari desakan pengunjung di atas, ketika sudah ada pengunjung keluar barulah kami buka untuk akses masuk ke sana," katanya.

Antrean panjang selain karena banyaknya pengunjung disebabkan juga fasilitas lift hanya memuat 11 orang untuk sekali angkut.

"Tidak ada fasilitas tambahan yang disediakan terkait libur Lebaran, paling hanya panggung festival budaya di pelataran, " tutur dia.

Panggung itu diisi oleh penampilan musik tradisional untuk menghibur pengunjung yang sedang antre supaya tidak emosi ketika berdesakan, hal ini disampaikan pihak pengelola.

Puncak pengunjung memadati Monas diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini pada Sabtu dan Minggu.

Pewarta: Afut Syafril/Teguh Handoko
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014