... Belum ada kenaikan jumlah penumpang arus balik yang menonjol... "
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 4.531 pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu -satu hari pasca Idul Fitri (H+1). "Belum ada kenaikan jumlah penumpang arus balik yang menonjol," kata Komandan Regu Satu Dinas Perhubungan Terminal Kampung Rambutan, Sugiyono, Rabu.

Adapun jumlah penumpang yang meninggalkan terminal itu pada rentang waktu sama 2.428 orang, menggunakan 179 bus.

Ia menilai, jumlah penumpang yang tiba di terminal melalui 217 bus, Rabu itu, masih normal, sementara lonjakan pemudik arus balik diprediksi baru pada H+4, H+5, dan H+6 nanti.

Sementara itu, Komandan Regu Tiga Dishub Terminal Kampung Rambutan, Yanuarianto, menambahkan, penumpang yang datang mayoritas berasal dari daerah Jawa Barat, semisal Tasikmalaya, Pangandaran, dan Banjar.

Yanuarianto menjelaskan, mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang saat puncak arus balik dengan menyiagakan tambahan bus dan angkutan umum, terutama untuk transportasi dalam kota pada malam dan dini hari.

"Jumlahnya ditambah bus reguler yang sudah ada akan berkisar 500 unit, meliputi bus Mayasari, PPD, TransJakarta dan angkutan kota. Karena penumpang arus balik paling banyak tiba pada malam dan dini hari pada pukul 03.00-04.00 WIB," kata Yanuarianto.

Untuk mengamankan arus balik, mereka juga bekerja sama dengan polisi setempat. "Ada dari Polsek Ciracas, Polres Jakarta Timur, dan Polda Metro Jaya," kata dia.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014