... Keberangkatan lebih baik pada Kamis atau Jumat... "
Gunung Kidul, DIY (ANTARA News) - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso, memperkirakan puncak arus-balik Lebaran 1435 Hijriah terjadi pada Sabtu nanti (2/8).

"Puncaknya pada Sabtu ini," kata Suroyo, di sela-sela inspeksi mendadak angkutan Lebaran di Terminal Dhaksinarga Wonosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu.

Untuk menghindari kepadatan di jalan raya, ia meminta masyarakat menghindari keberangkatan Sabtu. "Keberangkatan lebih baik pada Kamis atau Jumat," katanya.

Kepala Dishubkominfo Gunung Kidul, Purnama Jaya, mengatakan, sejak H-7 sampai H+2, Terminal Dagsinarga Wonosari sudah memberangkatkan 362 bus, meningkat dibanding tahun lalu 259 armada. Setiap hari rata-rata terminal memberangkatkan 50 armada.

"Kenaikan ini, kemungkinan karena banyak bus yang ingin cepat mengambil penumpang ke Jakarta atau kota lain," katanya.

Dia menjamin tidak ada penumpukan penumpang di terminal karena sudah ada himbauan ke perusahaan otobis menyediakan armada cadangan dan carteran untuk menampung penumpang.

"Tahun lalu tidak ada penumpukan penumpang di terminal, dan saya harap tahun ini juga," kata dia.

Salah seorang penumpang bus, Tugiyem, warga Pondok Gede Jakarta, mengaku sudah membeli tiket sejak seminggu yang lalu untuk keberangkatan hari ini. "Kalau berangkat Jumat atau Sabtu takut macet, dan terlambat bekerja," katanya

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014