... tekanan darah mereka rendah, kemungkinan karena kelelahan dalam perjalanan... "
Bantul (ANTARA News) - Apalah artinya bisa mudik ke kampung halaman berlebaran tapi dalam keadaan tidak atau kurang sehat? Maka dari itu sejumlah posko kesehatan Lebaran 2014 Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, DIY, dimanfaatkan pemudik untuk konsultasi kesehatan.

Petugas jaga di Posko Kesehatan Srandakan, Bantul, Rahmat, Rabu, mengatakan, banyak pemudik terutama yang berasal dari luar daerah yang berkunjung ke posko itu. Mayoritas berkonsultasi tentang kondisi kesehatannya, termasuk fasilitas obat-obatan.

"Ada sekadar beristirahat, namun ada yang memeriksakan kondisi kesehatan dengan cara mengukur tekanan darah. Sebagian besar tekanan darah mereka rendah, kemungkinan karena kelelahan dalam perjalanan," katanya.

Kepada para pengemudi yang kelelahan itu, disarankan beristirahat terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan untuk mencegah kecelakaan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sedayu I, Karmijono, mengatakan, sebagai fasilitas kesehatan yang berada di jalur utama, sesuai instruksi Dinas Kesehatan Bantul, mereka menyiagakan beberapa dokter selama 24 jam secara bergiliran yang telah ditentukan sebelumnya.

"Di puskesmas kami juga terdapat fasilitas rawat inap yang siap siaga jika terjadi kecelakaan lalu lintas selama arus mudik maupun balik atau kejadian luar biasa," katanya.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014