Kemacetan berkisar 10 kilometer diakibatkan beberapa hal, seperti bertambahnya volume kendaraan para pemudik dari luar Lampung,"
Bandarlampung (ANTARA News) - Arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) kawasan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung macet seiring meningkatnya volume kendaraan pada H+1 Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Kemacetan berkisar 10 kilometer diakibatkan beberapa hal, seperti bertambahnya volume kendaraan para pemudik dari luar Lampung," ujar warga Waykanan Heri Purnama Jaya saat dihubungi dari Bandarlampung, Rabu.

Kemacetan juga disebabkan, adanya penyempitan jalan masih bergelombangnya Jalinsum di wilayah Tegineneng itu.

"Kendaraan baik menuju Bandarlampung atau Sumatera Selatan sama-sama padat merayap," kata Heri lagi.

Arus kendaraan dari arah Kotabumi Lampung Utara menurut Heri lagi juga mengalami kemacetan dikarenakan penambahan kepadatan volume kendaraan keluar dari pertigaan arah Kota Metro.

Data Dinas Bina Marga Provinsi Lampung tahun 2013 ruas Simpang Tegineneng-Simpang Tanjungkarang dekat jembatan Tegineneng yang terdapat penyempitan badan jalan (bottleneck) dari empat lajur menjadi dua lajur merupakan salah satu titik rawan macet di ruas jalan nasional.

Ruas jalan nasional lainnya di Lampung yang rawan macet, yakni jalan lintas tengah Suamtera, lintas barat, dan lintas timur serta lintas pantai timur di Lampung.

"Petugas kepolisian ada dan berjaga namun menjadi tidak efisien dengan meningkatnya volume kendaraan. Salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di Tegineneng saya kira ialah pelebaran jalan," ujar warga Waykanan tersebut.

(GA*A054)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014