Wisatawan mulai memadati sejak hari H Lebaran atau Senin (28/7) lalu, dan hingga Rabu ini Pantai Parangtritis semakin ramai dikunjungi wisatawan,"
Bantul (ANTARA News) - Objek wisata Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipadati wisatawan dari berbagai daerah selama beberapa hari pada libur Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Wisatawan mulai memadati sejak hari H Lebaran atau Senin (28/7) lalu, dan hingga Rabu ini Pantai Parangtritis semakin ramai dikunjungi wisatawan," kata Sub-Koordinator Tempat Pemungut Retribusi (TPR) Induk Pantai Parangtritis Agus Sugiyanto di Bantul, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan data kunjungan sesuai penjualan tiket masuk di TPR Pantai Parangtritis, pada Senin (28/7) jumlah pengunjung sebanyak 5.470 orang dengan pendapatan retribusi dari karcis sebesar Rp25,9 juta.

Kemudian pada Selasa (29/7) jumlah pengunjung Pantai Parangtritis sebanyak 21.820 orang dengan pendapatan sebesar Rp103,7 juta, sedangkan pada Rabu ini hingga petang pengunjung mencapai sekitar 30.300 orang.

"Jumlah pengunjung dari hari ke hari terus melonjak, bahkan pada Rabu, untuk shift pagi (pukul 06.00 sampai 13.30 WIB) ada 17.300 orang, sementara sejak siang hingga pukul 18.30 WIB sudah sekitar 13 ribu orang, jumlah ini akan terus bertambah meskipun hanya sedikit-sedikit," katanya.

Ia mengatakan, sudah menjadi tren setiap tahun selama libur Lebaran bahwa objek wisata andalan di Bantul ini ramai dikunjungi wisatawan, baik yang sedang merayakan Lebaran bersama keluarga di daerah ini maupun wisatawan umum lainnya.

"Pengunjung Pantai Parangtritis didominasi wisatawan luar daerah dengan kendaraan roda empat, misalnya pelat nomor H (Semarang), B (Jakarta), dan AA (Magelang), rata-rata memang dari Jawa Tengah ke barat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul, Bambang Legowo mengatakan, selama sepuluh hari mulai akhir Juli sampai dengan Agustus 2014, pihaknya mementaskan 23 kesenian tradisional di beberapa objek wisata terutama pantai selatan.

"Ada pementasan musik campur sari, musik irama Koes Plus, musik elekton, serta jathilan, dan pementasan tidak hanya di Pantai Parangtritis, namun di Pantai Gua Cemara, Kuwaru dan Pantai Baru Pandansimo," kata Bambang Legowo.

Ia mengatakan, dengan padatnya acara kesenian di objek wisata pantai selama Lebaran itu, diharapkan dapat menghibur wisatawan yang berlibur, sekaligus menjadikan daya tarik wisatawan agar jumlah pengunjung semakin bertambah.

"Mudah-mudahan pantai tidak sepi wisatawan, kami harapkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata selama Lebaran mencapai sebesar Rp1 miliar, dengan total pengunjung mencapai sekitar 220 ribu orang," katanya.
(KR-HRI/M026)

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014