Cianjur (ANTARA News) - Polres Cianjur, Jabar, tutup jalur menuju Cipanas-Puncak, Rabu, pukul 21:30 WIB, mulai dari pertigaan Jalan Dr Muwardi-By Pass, untuk menghindari macet total di kawasan Puncak.

Bagi penguna jalan dengan tujuan Bogor dan seterusnya diarahkan ke jalur alternativ Jonggol dan Sukabumi karena antrian kendaraan menuju Bogor, mencapai 18 kilometer dengan ekor antrian di Jalan Raya Cugenang.

Sedangkan bagi warga lokal dengan tujuan Cugenang, Cipanas dan sejumlah wilayah lainnya di kawasan tersebut, olah petugas dipersilahkan untuk mengambil jalur alternative Gomboong tembus Cugenang.

Kapolres Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti, mengatakan, tingginya volume kendaraan pada H+1 lebaran, membuat antrian panjang kendaraan terjadi dari sore hingga malam menjelang, dimana laju kendaraan terhenti hingga puluhan menit.

Sehingga untuk mencairkan antrian yang terus memanjang, pihaknya terpaksa menutup sementara jalur menuju Cipanas, mulai dari pertigaan Jalan Dr Muwardi.

"Untuk kendaraan pemudik dan pendatang dengan tujuan Bogor dan seterusnya kita arahkan ke Jalur Jonggol dan Sukabumi. Sedangkan untuk warga lokal dengan tujuan Cipanas, kami arahkan ke jalur alternativ Gombong tembus Cugenang," katanya.

Dia menuturkan hal yang sama akan dilakukan melihat kondisi di Jalur Cipanas-Puncak. Sedangkan hal yang sama dilakukan pihaknya menjelang sore di Jalur Cianjur-bandung, tepatnya di Jalan Raya Ciranjang.

Dimana antrian kendaraan hingga 8 kilomneter terjadi setiap hari sejak H-2 hingga H+1 lebaran. Dimana antrian kendaraan terlihat menuju Bandung dari arah Cianjur, nopol yang mendominasi Jakarta, Bogor dan Sukabumi.(*)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014