Jakarta (ANTARA News) - Bila saat Ramadhan dan menjelang Lebaran, pengunjung pasar swalayan lebih banyak memburu pakaian anak-anak, maka setelah Lebaran, giliran pakaian dewasa yang lebih banyak mereka buru.

"Kalau kemarin (saat Ramadhan dan Lebaran) banyaknya pakaian anak-anak, sekarang (pasca Lebaran) banyaknya pakaian dewasa. Mungkin yang dewasa baru sekarang ini belanjanya," ujar Asisten Manager Robinson Department Store Blok M Mall, Ahmad Gufron kepada ANTARA News di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, produk pakaian dewasa yang paling banyak diburu pembeli di antaranya denim, celana, kemeja hingga pakaian dalam. "Kalau bulan-bulan biasa penjualan produk pakaian dewasa sekitar Rp5 Miliar, namun saat ini (Lebaran dan Pasca Lebaran), bisa empat kali lipatnya," akunya.

Hal senada disampaikan Asisten Store Manager Matahari Department Store Blok M Plaza Jakarta, Asriana. Menurut dia, saat Ramadhan dan menjelang Lebaran orang dewasa terutama orang tua lebih banyak mengutamakan kebutuhan Lebaran putra-putrinya.

Namun, setelah Lebaran, giliran mereka yang berbelanja kebutuhannya sendiri. "Setelah Lebaran, saya perhatikan lebih banyak untuk dewasanya, mungkin bapak-bapaknya dan ibu-ibunya belakangan belanjanya," katanya.

Asriana mengungkapkan, di samping pakaian dewasa, mainan anak-anak merupakan produk yang diburu pembeli di tokonya.

Hal ini menurutnya karena saat Lebaran, umumnya anak-anak mendapatkan uang "salam tempel". "Biasalah anak kecil kalau habis Lebaran dapat uang Lebaran terus jajan beli mainan," katanya.

Menurut Asriana, pada hari-hari setelah Lebaran ini, pengujung umumnya datang ke tokonya pada sore hari. "Pengunjung umumnya yang tidak mudik, karena masih libur biasanya datang sore hari. Rata-rata mereka datang membeli produk," tambahnya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014