Bogor (ANTARA News) - Wakil Kepala Polisi Daerah Jawa Barat Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel memeriksa situasi dan kondisi jalur Puncak Kabupaten Bogor, termasuk jalan alternatif yang mungkin bisa dilalui guna mengalihkan kepadatan lalu lintas di kawasan ini.

Kapolres Bogor AKBP Sonny Mulvianto Utomo menjelaskan, pengecekan jalur alternatif ini untuk memastikan apakah dapat dilalui pengendara atau tidak mengingat jalur utama sudah terlalu padat dengan kendaraan.

"Kita baru melakukan pengecekan kondisi jalan, belum ada instruksi apakah jalan alternatif yang ada di jalur Puncak bisa dilalui oleh pengendara untuk menghindari kepadatan utama," kata Sonny.

Dia menjelaskan, dari hasil peninjauan, kondisi jalan-jalan altenatif yang ada di jalur Puncak memang tidak sebagus jalan utama. Medannya yang naik turun dan jalann yang sempit akan menyulitkan pengendara.

Namun, hingga saat ini, jalan alternatif banyak dilalui pengendara yang ingin mencapai Puncak.

Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel memprediksi puncak kepadatan arus lalu lintas di jalur Puncak terjadi Sabtu dan Minggu nanti.

Dia menghimbau pemudik yang akan pulang ke Jakarta dari arah Cianjur untuk menghindari jalur Puncak dengan memilih jalur lain Jonggol dan Cikalong Wetan.

"Saya sarankan bagi yang mau pulang ke Jakarta bisa melalui jalur Cialong Wetan. Kalau memang mau pulang dan bukan untuk berwisata ke Puncak," kata Rycko.



Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014