Depok (ANTARA News) - Sejumlah satpam perumahan di kota Depok masih terus meningkatkan keamanan di rumah-rumah kosong yang ditinggal pemudik, seperti dilakukan satpam perumahan Pesona Khayangan 1 Mungil Depok.

"Kami patroli dua jam sekali, apalagi ini lebaran banyak orang asing yang masuk keluar. Kita juga lebih perketat pintu depan karena keluar masuk mobil di sini," kata Adi, satpam Pesona Khayangan 1 Mungil Depok kepada ANTARA News, Kamis.

Menurut Adi, para satpam akan menanyakan nama dan keluarga siapa yang akan dikunjungi orang asing yang memasuki perumahan tersebut.

"Jika orang asing datang, kami akan menanyakan siapa yang akan mereka kunjungi. Di situ kami akan tahu tujuannya. Selain itu, kami juga akan menahan KTP orang yang belum pernah berkunjung ke sini," kata Adi.

Sedangkan Bambang (45), satpam di Perumahan Mahkota Cimanggis mengatakan pemudik diharuskan mengisi form sebelum meninggalkan rumah.

"Di sini pemudik harus mengisi form, nanti diserahkan ke satpam. Biasanya mereka juga nitipin kunci agar pembantu bisa bersih-bersih," kata Bambang.

Lain halnya dengan Wahyu (35), satpam perumahan Pondok Duta 2. Dia mengaku lebih gencar berpatroli pada jam-jam rawan.

"Kalau siang hanya dua tiga kali patroli, tetapi kalau malam hari lebih gencar apalagi di jam-jam rawan, misalkan jam 12 ke atas," kata Wahyu.




Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014