Cianjur (ANTARA News) - Antrean kendaraan di jalur Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat menuju Jakarta kian mamanjang pada Jumat atau H+4 Lebaran 2014.

Arus lalu lintas bergerak merayap di jalur itu dan sesekali terhenti di titik-titik rawan macet seperti Pertigaan Hanjawar, Kebon Raya Cibodas, Pasar Cipanas, dan Jalan Raya Pasekon.

Puluhan petugas kembali memasang pembatas di tengah jalan untuk membagi jalur.

Menjelang sore antrean diperkirakan akan terus memanjang, bahkan bisa macet total.

"Hingga siang ini di Jalur Puncak laju kendaraan mulai merayap menuju arah Jakarta. Sedangkan di sejumlah titik macet di kawasan Cipanas,...kendaraan terhenti selama beberapa menit dan berjalan hingga beberapa puluh meter," kata Briptu Edi, salah seorang petugas Satlantas Polres Cianjur.

Menurut Edi, antrean kendaraan terjadi juga karena banyaknya kendaraan yang keluar masuk tempat wisata, rumah makan, dan hotel.

"Sesuai perintah atasan, kami selalu mengigatkan pengelola khususnya juru parkir dan petugas keamanan baik di rumah makan dan hotel, tidak sembarangan memasukkan dan mengeluarkan kendaraan pada saat kemacetan mulai terjadi," ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Dedy Kusuma Bakti memperkirakan puncak arus balik di Jalur Puncak-Cianjur akan terjadi pada Minggu (3/8).

Kapolres Dedy Kusuma mengatakan, kepadatan di ruas Cianjur, khususnya Ciloto-Cipanas-Cugenang, terjadi juga karena imbas dari kepadatan arus lalu lintas yang luar biasa di kawasan Bogor hingga Puncak.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014