Merak (ANTARA News) - Ribuan penumpang dari berbagai daerah di Pulau Sumatera pada Jumat (H+4 Lebaran) tiba di Pelabuhan Merak, Banten.

Menurut Humas PT ASDP Merak, Mario Sardadi Oetomo, di Merak Jumat siang, pada pemudik ke Sumatera yang sudah balik ke Jawa hingga hari ini baru sekitar 30 persen dan lonjakan penumpang akan terus terjadi pada malam nanti.

Menurutnya, pada malam nanti akan terjadi lonjakan jumlah penumpang arus balik di Merak, mengingat sekarang arus penumpang pejalan kaki maupun yang berkendaraan sudah mulai padat.

Para penumpang pejalan kaki sudah saling berdesakan di Pelabuhan Merak saat mereka keluar melewati gang way menuju Terminal Terpadu Merak (TTM).

Penumpang yang berkendaraan roda dua dan roda empat juga mengentre untuk turun ke dermaga pelabuhan.

"Kami memperkirakan pemudik yang belum kembali ke Pulau Jawa sekitar 70 persen itu, kemungkinan puncaknya Sabtu dan Minggu," ujarnya.

Menurut dia, selama ini perjalanan dan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung berjalan lancar.

ASDP Merak mengoperasikan sebanyak 28 kapal Ro-Ro dengan target 94 trip.

Selain itu juga kegiatan bongkar muat kapal yang bersandar di pelabuhan dipercepat dari 60 menit menjadi 45 menit.,

Dengan begitu, kata dia, perjalanan dan penyeberangan lancar tanpa antrean kendaraan maupun penumpukan penumpang pejalan kaki.

Berdasarkan data jumlah pemudik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung yang turun melalui Pelabuhan Merak sebanyak 179.285 orang.

"Kami memperkirakan sekitar 450 ribu orang dan 97 ribu kendaraan belum menyeberang ke Pelabuhan Merak," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014