Kalianda, Lampung (ANTARA News) - Volume arus balik di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Kalianda--Tarahan semakin padat, pada H+5 setelah hari raya Idul Fitri 1435 H.

Berdasarkan pantuan ANTARA disejumlah titik mulai dari Pelabuhan Bakauheni hingga tanjakan Tarahan, Kalianda, Lampung, Sabtu, mulai padat kendaraan roda dua dan roda empat ke arah pelabuhan.

Kepadatan kendaraan ini mulai terjadi sejak pukul 09.00 WIB. Arus balik pagi ini didominasi oleh kendaraan roda dua. Pemudik motor lebih memilih pagi, karena cuaca lebih dingin bila dibandingkan dengan siang hari dan sampai di Merak pun malam hari.

Sejumlah kendaraan roda dua pun, memacu motornya lebih cepat untuk menghindari antrean yang panjang. Sebab puncak arus mudik diprediksi H+5 sampai dengan H+6.

Pada H+5 di Jalinsum tidak terlihat truk muatan, hanya kendaraan pribadi yang lebih ramai dari hari kemarin.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat, tidak begitu ramai seperti kemarin. Sebab pemudik roda empat lebih memilih berkendara pada malam hari.

Seperti halnya pada malam Jumat (1/8), kendaraan didominasi oleh mobil. Namun, dapat dipastikan hari ini adalah puncak arus mudik.

Sepanjang pantauan di Jalinsum, arus kendaraan terus meningkat.

(KR-RBP)

Pewarta: Roy Baskara Pratama
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014