Cianjur (ANTARA News) - Polres Cianjur bersama Polres Bogor, Jawa Barat memberlakukan sistim buka tutup arus satu arah menuju Bogor, mulai dari Jalan Cagak-Ciloto, Puncak, Sabtu sore.

Semakin panjangnya antrean kendaraan pemudik-balik yang bercampur dengan mobil-mobil wisatawan, membuat petugas harus rekayasa arus yang melintas di Jalur Puncak-Cipanas untuk menghindari terjadinya macet total.

Meskipun antrean hanya terlihat mulai dari Pertigaan Cibodan, arus lalu lintas sesekali tersendat. Bahkan memasuki Jalan Cagak-Ciloto laju kendaraan harus terhenti beberapa puluh menit.

"Untuk menghindari terjadinya macet total seperti beberapa hari terakhir, kami melakukan sistim buka satu arah menuju arah Bogor dan sebaliknya sore nanti diberlakukan satu arah menuju Cianjur mulai dari Bogor," kata Cahyadi, petugas PJR Jabar di Ciloto-Puncak.

Pihaknya memperkirakan puncak arus balik yang melintas di jalur akan terjadi malam ini hingga Minggu sore. Cahyadi mengimbau pemudik-balik dari arah Bandung menuju Cianjur agar memanfaatkan jalur alternatif dan menghindari Jalur Cipanas-Puncak.

"Saat ini jalur Puncak sudah tidak dapat menampung kendaraan karena volume kendaraan mulai bercampur antara pemudik dan pendatang yang hendak kembali ke kota asalnya masing-masing, ditambah dengan wisatawan yang menghabiskan libur di kawasan ini," ungkapnya.

Antrean panjang kendaraan diperkirakan akan kembali terjadi pada sore menjelang malam nanti ketika ratusan kendaraan keluar dari tempat-tempat wisata di kawasan Puncak.

Menjelang sore ini ratusan sepeda motor pemudik terus memadati jalur Cianjur hingga Puncak. Mereka melaju berkelompok-kelompok, dengan serombongan terdiri dari 20 sampai 30 motor.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014